Sejarah Mcdonald’s Dan Humberger-nya



Siapa tidak kenal restoran cepat saji McDonalds? Ya, di Indonesia restoran cepat saji ini disebut memiliki istilah keren McD (dibaca: Mek-di) dan merupakan salah satu restoran cepat saji yang paling mendunia. Jika ditanya atau mendengar kata McD pasti pikiran Anda tertuju pada Hamburger, benar? Namun tahukah Anda bahwa restoran McDonalds baru berjualan hamburger 11 tahun sejak restoran tersebut berdiri? Awal membuka gerai makanan mereka Dick dan Mac McDonald mereka hanya menjual menu hotdog jadi bukan hamburger! Tetapi sekarang ini pastinya Anda lebih mengenal hamburger McDonalds. Sejarah McDonalds pun menarik untuk ditelisik kembali!

McDonalds sendiri merupakan restoran siap saji terbesar di dunia! Berdiri sejak tahun 1940 oleh dua bersaudara bernama Dic dan Mac Mcdonald. Namun kemudian sejarah McDonalds mencatat bahwa Ray Kroc yang memang pengusaha besar juga membeli restoran siap saji tersebut dan memperluasnya ke seluruh dunia. Menu utama restoran MacDonalds adalah hamburger, tetapi mereka juga menyajikan beberapa menu ringan seperti minuman ringan, filet ayam, kentang goreng dan yang unik adalah ada hidangan-hidangan yang disesuaikan dengan daerah tempat restoran tersebut berada. Sebagai contoh, di Norwegia ada menu McLacks yang merupakan menu sandwich salmon. Sedangkan di India ada Maharaja Macs yang menggunakan daging kambing, di Vietnam pun ada menu khusus yakni McAloo Tikki burger yakni menu khusus vegetarian bagi umat Hindu Vietnam.

Sejarah McDonalds & Perubahan yang Terjadi

Tahukah Anda bahwa sampai pada tahun 2004, restoran cepat saji McDonalds mencatat sejarah McDonalds dengan jumlah 30.000 rumah makan di seluruh dunia dan memiliki pengunjung per harinya rata-rata 50.000.000, dengan rata-rata per rumah makannya sebanyak 1.400 orang! Sejarah McDonalds ini menjadi mendunia juga tak luput dari peran serta Ray Kroc yang memang memiliki visi menduniakan restoran cepat saji ini. Sikap agresif Ray Kroc ini jugalah yang menjadi pemicu pertikaian antara Ray dan McDonald bersaudara. Akhirnya MacDonald bersaudara pun meninggalkan restoran tersebut. Hal ini didokumentasikan di otobiografi kedua pihak tersebut. Restoran pertama yang didirikan oleh Mcdonald bersaudara pun dijadikan monumen.

Tahukah Anda bahwa sejarah McDonalds akhirnya mencatat juga bahwa tanggal kelahiran restoran tersebut bukanlah 1940 lagi oleh McDonald bersaudara. Berbalik dari hal tersebut, dipilih tanggal 15 April 1955 yakni ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba restoran cepat saji ini dan hari ulang tahun Mac sendiri. Pada tahun 1965 saham MacDonalds pun dijual ke publik.

Maskot restoran ini juga mengalami perubahan pada sejarah McDonalds. Pada awal restoran ini dibuka maskot mereka adalah seorang pria yang punya bentuk kepala hamburger dan memakai topi koki. Namun pada tahun 1963, maskot ini diubah menjadi Ronald McDonald seperti yang kita kenal sekarang ini. Tagline mereka Speedee Service System pun menjadi prinsip dasar restoran cepat saji ini.

Demikianlah informasi mengenai Sejarah McDonalds dan Humberger-nya. Semoga bermanfaat.

Follow On Twitter