7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan



Perkembangan di dunia robotika kianmenakjubkan. Salah satu inspirasi yang melimpah adalah dunia hewan.

Ya, banyak robot yang telah diciptakan denganbentuk atau fungsi mirip beberapa jenis binatang. Kegunaannya punbermacam-macam.

Berikut ini adalah beberapa robot canggih yangterinspirasi dari hewan, yang dikutip detikINET dari The Week :

1. Robotkura-kura



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Para ilmuwan robot di Swiss Federal Instituteof Technology menciptakan robot bawah air yang terinspirasi kura-kura.Julukannya adalah Naro Tartaruga.

Robot dari bahan alumunium ini dapat berenanglayaknya kura-kura, namun dengan kecepatan lebih tinggi. Ia juga mampu berenangsangat dalam, sampai 300 kaki.

Memang robot ini ditujukan untuk mengujisampai seberapa dalam sebuah robot bisa menjangkau kedalaman lautan. Sistempengendalinya memakai remote kontrol.

2. Robot ular



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Ular termasuk binatang yang sering dijadikaninspirasi dalam pembuatan robot. Salah satunya buatan OC Robotics yang berbasisdi Inggris ini.

Robot sepanjang 30 cm tersebut akan membantudokter melakukan operasi bedah penyakit tumotr. Ia dikendalikan untukmenjangkau bagian tubuh yang sulit dicapai.

Saat ini, si robot memang masih berupaprototipe. Namun ditargetkan akan segera diujicoba pada pasien.

3. Robot kepiting



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Kepiting tidak hanya dijadikan makanan nanlezat. Namun juga menjadi inspirasi pembuatan robot bernama Morphex ini.

Morphex dibuat oleh teknisi asal Norwegiabernama Kare Harvlosen. Si robot punya enam kaki fleksibel yang bisa bergerakdengan sinkron.

Si robot didemontrasikan dapat menari denganlincah dan dapat mengubah diri menjadi bola. Fungsi-fungsi lainnya sedang dikembangkan.

4. Robot lebah



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Sekelompok ilmuwan asal Swiss mengembangkanrobot yang terinspirasi hewan lebah. Robot ini diharapkan membantu manusiadalam membangun bangunan tertentu.

Si robot dapat membawa benda sepertibata.Kemudian menyusun secara mandiri sebuah gedung bersama robot lebah yanglain berdasarkan pemrograman yang diberikan.

Diharapkan, si robot dapat berguna dalammembangun gedung pencakar langit di masa depan. Namun tentu saja bukan kabaryang baik bagi pekerja bangunan yang mungkin akan kehilangan pekerjaan.

5. Robot kecoa



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Kecoa sepintas adalah binatang yang tidak adagunanya. Namun memang hewan ini sangat tangguh sehingga dijadikan inspirasidalam pembuatan robot bernama Dynamic Autonomous Sprawled Hexapod (DASH) ini.

Ilmuwan di University California of Berkeleytersebut akan dipakai untuk membantu petugas di daerah bencana. Misalnya untukmenemukan para korban di tempat tersembunyi.

Bentuknya pun mirip-mirip kecoa. Ia mempunyaienam buah kaki dan mampu berlari cepat.

6. Robot ikan



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Sekawanan robot canggih siap berkelana dilautan untuk mendeteksi polusi. Robot ikan tersebut dibuat oleh para penelitidi Inggris dan akan diterjunkan di perairan Spanyol.

Dengan panjang 1,5 meter, si robot dibekalidetektor untuk mengidentifikasi polusi laut, misalnya kapal tankerminyak atau bahan kimia di perairan. Harga robot sekitar 20.000 Poundsterlingper unitnya.

Robot itu bisa beroperasi secara mandiri dandirancang untuk menjelajahi lautan dalam kurun waktu beberapa bulan. Dibutuhkanwaktu sekitar 3 tahun bagi para peneliti di Essex University untuk membuatnya.

7. Robot burung



7 Robot Canggih Yang Terinspirasi Dari Hewan [ www.BlogApaAja.com ]

Para teknisi di perusahaan teknologi Jerman,Festo, mengembangkan robot yang dinamakan SmartBird. Robot ini bisa otomatismengudara, hanya dengan mengepakkan sayapnya di awal penerbangan.

Markus Fischer selaku Head of Corporate DesignFesto mempertunjukkan pada audiens mengenai kebolehan sang burung robot. Burungitu terbang dengan sempurna mengitari ruangan dan mendapatkan tepuk tanganmeriah.

SmartBird terinpirasi oleh burung camar,dengan bentuk yang lebih besar. Lebar sayapnya sekitar dua meter dan rangkaterbuat dari karbon fiber. Pergerakan SmartBird bisa dikontrol dan dimonitordari jauh melalui hubungan radio.

Follow On Twitter