23 Keunikan Kucing Yang Jarang Diketahui



23 Keunikan Kucing Yang Jarang Diketahui [ www.BlogApaAja.com ]

1. Kucing memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya.

2. Kucing tidur paling lama diantara binatang lainnya, sekitar 16jam.

3. Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli,walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.

4. Dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati olehmonyet dan simpanse ternyata kucing anggora atau kucing persia sangat pandai.

5. Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripadalantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya

6. Sama dengan frekuensi mesin diesel yang tidak sedang bekerja, kucingbergumam 26 putaran/detik

7. Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakanperubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuatkucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalamkegelapan ketika ia tidak dapat melihat.

8. Semua kucing berjalan dengan jinjit, termasuk kucing anggoraatau kucing persia.

9. Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanyamempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun pada beberapa kucing dapat terlahirdengan jari banyak sampai 7 bahkan dengan tulang tambahan.

10.Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahunusia manusia.

11. Jika anda butuh sinar UV untuk melihat, pakai saja kencing kucing,karena kencing mereka menyala dalam gelap.

12.Tahukah kamu, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucingrumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampumembunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar(seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari100 species . Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagimanusia. Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksirabies.

13 Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnyasejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakankucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panenmereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasikucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalahkucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagaikucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling seringdicari dan mahal harganya.

14. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata"Meong".

Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing seringditulis dengan "Meow". Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis "Miaow".

15. Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kgdan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, si pussy bisamencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucingliar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahunatau bahkan kurang dari itu.

16. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka seringmerawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalahagen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkalakucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul didalam perutnya. Sementara itu kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidurlebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 - 16jam per hari, dengan angka rata-rata 13 - 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpaikucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari.

17. Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggapberasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempardari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atauwabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Halitu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkanpopulasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

18. Jenis yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintikyang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung.Sedangkan kucing yang terbesar adalah seekor harimau. Harimau jantan Siberiaatau harimau Amur mempunyai panjang badan keseluruhan lebih dari 3m (10 ft) danberat badan hingga 300kg (660 lb).

19. Meong!

Kucing

kampung mendengkur setiap 26 kali per detik,sama dengan frekwensi mesin disel dalam keadaan idle. Kucing kampung dapatmendengar frekswensi suara hingga 65 kHz, sedangkan manusia hingga 20 kHz.Kemampuan indera penciumannya 14 kali lebih kuat daripada penciuman manusia.

20. Pada mata kucing ada lapisan pemantul cahaya yang dinamakantapetum lucidum, yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisanpemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia,yang memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan.

21. Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan padasaat berlari menggunakan kedua kaki kanannya. Satu-satunya binatang yangmelakukan hal ini adalah jerapah dan onta.

22. Kucing langka

Memang jenis kucing kampung adalah yang paling banyak, tetapi ada jugajenis kucing yang sangat langka bahkan terancam kepunahan di muka bumi. Hanyaterdapat sekitar 250 ekor kucing mirip musang di Malabar, Asia yangberjuang dari kepunahan. Kucing Iriomote, ditemukan di kepulauan JepangIriomotejima, dengan jumlah kurang dari 100 ekor.

23. Ternyata kucing itu bermimpi dan ngelindur juga, kalau kentutbaunya asem banget, bisa bunyi pula, suka iseng makanin serangga sepertikecoak, tapi abis itu dimuntahin, bisa diajarin pup di kamar mandi, kalo darikecil dibecandain terus gedenya jadi hiperaktif, kalo ga suka dicakar, janganpernah becandain pake tangan, sampe dia gede ga akan pernah selamet tuh tangan,kucing manja suka ngenyotin selimut, kucing gede gak selalu pemberani.


Follow On Twitter